Minggu, 17 November 2013

DPD PPMI Tanta: Kajian Dengan Nama Bincang Serius

Menyadari akan pentingnya belajar menerjemahkan sebuah idea ke dalam bentuk tulisan yang sistimatis dan mudah difahami, dan sebagai upaya menyiasati minimnya tugas membuat makalah atau tugas praktek menulis dari Universitas Al-Azhar, DPD-PPMI Tanta mengundang Mahasiswa Indonesia di Tanta (MASITA) untuk menghadiri sebuah acara ilmiyah dengan nama “Bincang Serius” di Rumah Anggota (RUANG) DPD-PPMI Tanta (16/11).

Hasani Usman, Koordinator Bidang Pendidikan dan Kebudayaan  DPD-PPMI Tanta mengatakan bahwa Bincang Serius adalah format baru dari kegiatan forum ilmiyah yang selama ini diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Indonesia Fakultas Ushuluddin dan Syariah. Namun, menurut Hasani, mengingat kegiatan ini sudah lama tidak aktif, maka Bid. Dikbud menggagas format baru tersebut untuk mewadahi kegiatan ilmiyah mahasiswa. Kajian dalam forum ini tidak terbatas pada bidang ilmu tertentu, tetapi diserahkan kepada kecenderungan peserta. Hasani juga mengatakan bahwa pada awalnya kegiatan ini diberi nama “Ngelantur Ilmiyah”, namun setelah dirasakan, ternyata nama aneh ini kurang membangkitkan semangat mahasiswa, maka dipilihnya nama yang lebih semangat “Bincang Serius”.

Dalam kajian perdana, forum “Bincang Serius” menampilkan pembicara oleh Alex Kusmardani dengan materi  "Mengenal Public Relation: Teori dan Aplikasi”. Alex mengambil materi ini karena PR adalah bagian yang penting dalam ilmu komunikasi yang harus diketahui oleh mahasiswa di Mesir ini. Alex juga menambahkan bahwa PR tentu sangat diperlukan dalam berdakwah pada zaman ini. Untuk itu mengenal public relation sangat erat dengan tugas alumni Mesir saat kembali ke masyarakat nanti.

Ketua DPD-PPMI Tanta, Nur Furqon Nashrullah. pada kesempatan tersebut berharap mudah-mudahan acara yang sangat penting ini dapat berlangsung secara istiqamah dwimingguan seperti yang direncanakan. Ketua DPD Tanta juga berharap, dengan kontinyuitas acara ini maka diharapkan semua anggota DPD-PPMI Tanta mendapat kesempatan menjadi pembicara, dan membuat makalah yang didiskusikan bersama.(MHA)
Sumber: AtdikCairo.org