Minggu, 25 Agustus 2013

Dr. Abbas Shouman, Dekan Baru Fakultas Dirasat Islamiyah

Dr. Abbas Shouman, dosen Syariah Universitas Al-Azhar, akhirnya terpilih menjadi Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah (Putra) yang baru, menggantikan Dr. Mokhtar Gom’ah yang kini menjabat Menteri Wakaf dan Urusan Keislaman. Abbas Shouman, yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Lembaga Ulama Senior (Hai’at Kibâr Al-‘Ulama`) Al-Azhar, mengungguli tiga kandidat lainnya dengan memperoleh 29 suara. Ketiga kandidat lainnya adalah Dr. Gad Ar-Rabb Abdul Majid, dosen Hadits, memperoleh 27 suara; Dr. Mohammad Hasan Othman, dosen linguistik, memperoleh 16 suara; dan Dr. Mohammad Abdul Ghaffar, dosen akidah, hanya memperoleh 1 suara.

Setelah terpilih, Shouman mengatakan bahwa yang akan menjadi perhatian utamanya adala soal bangunan fakultas yang butuh renovasi secepatnya dan soal kurangnya jumlah staf administrasi fakultas. Seperti diketahui, Shouman memiliki hubungan baik dan kedekatan personal dengan Dr. Mokhtar Jum’ah, dekan pendahulunya.

Pemilihan dekan Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Al-Azhar (Putra) tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ali Jum’ah Mohammad, mantan Mufti Mesir dan Dr. Mohammad Mokhtar Mahdi, Direktur Al-Jam’iyyah Asy-Syar’iyyah. (Sawt Al-Azhar, 16/8)

Sumber: AtdikCairo.org