Jumat, 11 Oktober 2013

Atdikbud Hadiri Pertemuan Dengan Desert Research Center

Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang penelitian pertanian antara Indonesia dan Mesir, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Dr. Fahmy Lukman, M.Hum., tanggal 10 Oktober 2013 memenuhi undangan direktur Desert Research Center (Lembaga Riset Padang Pasir), Kementerian Pertanian dan Reklamasi, Prof. Dr. Ra'fat untuk mengenal lebih dekat tentang lembaga tersebut dan kegiatan serta capaian yang telah direalisasikannya.

Prof. Dr. Ra'fat di dalam sambutannya antara lain mengemukakan keinginan nya untuk kerja sama dengan Indonesia di bidang penelitian pertanian dan pemanfaatan tanah yang menjadi kebutuhan kedua negara.

"Desert Research Center siap mengadakan kerja sama dengan Lembaga Riset serupa di Indonesia, atau Perguruan Tinggi. Desert Research Center siap  bertukar hasil penelitian, pertukaran kunjungan dan kegiatan kerja sama lain yang positif untuk meningkatkan produktifitas tanah di Kedua negara", kata Dr. Ro'fat bersemangat.

Dia menambahkan, "Berhubung Bapak Atase Pendidikan dan Kebudayaan saat ini bermukim di Mesir, maka kami persilakan berkunjung kapan saja di lembaga ini, untuk membicarakan peningkatan kerja sama kedua negara".

Prof. Dr. Hasan el Syair, mantan wakil Direktur dalam paparannya antara lain menjelaskan bahwa Lembaga Penelitian Padang Pasir ini adalah lembaga penelitian tertua di Mesir, didirikan oleh Raja Farouk pada 30 Desember 1950. Dr. El Syair menambahkan bahwa lembaga ini memiliki 11 Pusat Penelitian di seluruh padang pasir Mesir, dan telah berhasil mereklamasi sebagian padang pasir menjadi lahan pertanian dan perkebunan."

Pada kesempatan tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan antara lain menyampaikan apresiasinya kepada Pimpinan dan para staf Desert Research Center. Atdikbud menambahkan bahwa kerja sama penelitian di bidang pertanian ini memiliki prospek yang cukup bagus, untuk itu KBRI akan berupaya untuk merealisasikan dan meningkatkan melalui Kementerian Pertanian dan juga Pusat-pusat Penelitian Pertanian serta Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pertemuan di ruang rapat yang diselenggarakan khusus menyambut Atdikbud tersebut dihadiri oleh Direktur Desert Research  Center, Wakil Direktur, Mantan Wakil Direktur, Ketua-ketua divisi penelitian, dan Kepala Biro Kerja sama.

Sumber: AtdikCairo.org