Senin, 24 Februari 2014

KBRI Kairo Dengar Aspirasi Mahasiswa di Mesir

Dalam rangka menjaring aspirasi mahasiswa Indonesia di Mesir, pada Minggu (23/02) KBRI Kairo melakukan pertemuan dengan para pimpinan organisasi mahasiswa Indonesia yang terdiri dari Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI), organisasi mahasiswi (WIHDAH) dan ketua-ketua organisasi kedaerahan yang terdiri dari 17 kekeluargaan.

Dalam pertemuan tersebut, mewakili KBRI Kairo, Sekretaris I Pensosbud, Windratmo, didampingi Sekretaris III Pensosbud, Mohammad Nur Salim, bersama perwakilan mahasiswa  membahas isu-isu terkini dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa.

Setelah melakukan identifikasi dan mendengar masukan dari masing-masing peserta pertemuan, ada empat macam persoalan yang dibicarakan. Pertama, penanganan terhadap calon mahasiswa baru yang telah berada di Mesir; kedua, masalah pelayanan kesehatan; ketiga, pelayanan kekonsuleran; keempat, adalah gagasan untuk melakukan penggalangan dana dari WNI di Mesir membantu meringankan beban saudara-saudara di Indonesia yang tertimpa bencana.

Sekretaris I Pensosbud pada kesempatan tersebut mengusulkan perlunya sinergi antara KBRI Kairo dan WNI di Mesir, khususnya mahasiswa, untuk menggalang dana dalam kerangka solidaritas meringankan bencana alam di Indonesia. Di samping itu, ditekankan pula perlunya dibuat gerakan peduli mahasiswa yang dapat diwujudkan dalam bentuk "dana kepedulian mahasiswa" yang akan dikumpulkan oleh semua para mahasiswa setiap bulannya untuk dijadikan dana taktis membantu mahasiswa Indonesia di Mesir yang membutuhkan. 

Hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan KBRI Kairo, Sekjen PPMI, Ketua Wihdah dan beberapa Ketua Kekeluargaan yaitu Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA), Kelompok Studi Mahasiswa Riau (KSMR), Himpunan Mahasiswa Medan (HMM), Keluarga Pelajar Tapanuli dan Sekitarnya (KPTS), Ikatan Keluarga Mahasiswa Lampung (IKMAL), Keluarga Mahasiswa Banten (KMB), Keluarga Pelajar Jakarta (KPJ), Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (KPMJB), Kelompok Studi Walisongo - Jawa Tengah (KSW),  Keluarga Masyarakat Jawa Timur (GAMA JATIM), Forum Studi Keluarga Madura (FOSGAMA), Keluarga Mahasiswa Kalimantan Mesir (KMKM), Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS).