Minggu, 02 Maret 2014

Tiga Tarian Tradisional Indonesia Semarakkan Pameran Seni Budaya di Mesir

Kedutaan Besar Republik Indonesia kembali turut serta dalam Sakia Exhibition for Cultural Services ke-11 yang diselenggarakan oleh Rumah Budaya Sakia El-Sawi pada tanggal 27 Februari 2014. Acara dilaksanakan di aula Annahr, yang terletak di pinggir sungai Nil, dan diikuti oleh 27 kedutaan dan beberapa rumah budaya di Mesir.

Tahun ini, Indonesia menggelar bahan-bahan promosi yang bernuansa khas Indonesia dengan berbagai gambar pariwisata dan keindahan alam nusantara. Tersedia juga berbagai informasi seputar Indonesia baik politik, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. KBRI juga membagikan buku saku, brosur dan cd ke-indonesia-an. Para Pengunjung juga dapat mencicipi kue khas Indonesia yaitu onde-onde dan klepon yang dibagikan secara gratis.

Dibawah koordinasi Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) KBRI Cairo,  Indonesia juga tampil dengan suguhan tiga tarian tradisional, yaitu tari Lenggang Nyai dari Sekolah Indonesia Cairo, tari Gending Sriwijaya yang dibawakan oleh mahasiswi Indonesia asal Sumatera Selatan, dan  tari Gandrung Bali dari siswi Puskin yang berkewarganegraan Mesir. Penampilan Indonesia tersebut mendapat sambutan meriah dari ratusan penonton yang memadati aula an-Nahr.

Acara tersebut mendapatkan liputan dari beberapa media massa di Mesir. Salah satunya, The Egyptian Gazette memuat foto tarian Gending Sriwijaya pada halaman terakhir edisi 2 Maret 2014. (KBRI Cairo)