Minggu, 24 November 2013

Workshop & Pelatihan Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Indonesia Di Mesir

Mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menempuh studi di Universitas al-Azhar di Mesir, di masa yang akan datang diharapkan tidak hanya menjadi ulama namun juga pengusaha yang mampu menciptakan perbaikan kesejahteraan di Indonesia. Demikian disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, saat membuka kegiatan Workshop dan Pelatihan Kewirausahaan untuk Mahasiswa Indonesia di Mesir yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 22-24 November 2013.

Duta Besar juga berharap mindset para peserta mengenai kewirausahaan dapat tercerahkan dengan kehadiran para profesional dalam hal kewirausahaan dari tanah air, yaitu Jamil Azzaini, Prof. Dr. Bustanul Arifin, Fauzi Rachmanto dan I Made Donny Waspada. 

Duta Besar RI juga menyampaikan bahwa dalam pertemuannya dengan Menteri Koperasi dan UKM RI tanggal 18 Oktober 2013, Menteri Koperasi dan UKM telah menyatakan kesediaan untuk memberikan stimulus permodalan awal bagi proposal bisnis terbaik dari partisipan, jika partisipan telah kembali ke tanah air.

Sementara itu, saat memberikan sambutan pada pembukaan workshop, Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Taty Ariati, menyampaikan bahwa jumlah wirausahawan di Indonesia hanya 1,65% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari jumlah minimal wirausaha di negara-negara middle income yang di atas 2%.

Asisten Deputi berharap dengan penyelenggaraan kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan oleh Perwakilan RI di seluruh dunia ini, maka jumlah wirausaha terutama wirausaha muda di Indonesia akan meningkat. Mahasiswa para peserta pelatihan kewirausahaan ini diharapkan mau kembali ke tanah air segera, menjadi wirausaha yang kreatif, inovatif, berdaya saing, menciptakan terobosan baru, inovasi baru dan memiliki karakteristik serta keunikan produk yang menarik pasar.

Sebagaimana disampaikan ketua panitia kegiatan, Lauti Nia Astri Sutedja, Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi KBRI Cairo, kegiatan ini merupakan upaya nyata KBRI dalam mendukung Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2011. 

Tujuan utama Pelatihan Kewirausahaan ini, lanjut Nia, adalah untuk memperkenalkan, menumbuhkembangkan dan memajukan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan pemuda Indonesia yang ada di Mesir. Semangat kewirausahaan ini diharapkan akan menjadi cambuk dan bekal bagi para mahasiswa dan pemuda Indonesia di Mesir untuk kembali ke tanah air dan menjadi wirausahawan handal, inovatif, berdaya saing dan tangguh yang akan memperkuat pondasi perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh KBRI Cairo bekerja sama dengan Kementerian KUKM dan diikuti oleh 116 peserta mahasiswa tingkat III hingga pascasarjana. Dalam workshop ini, para narasumber akan memberikan materi mengenai dasar-dasar ekonomi, komunikasi bisnis, leadership dan motivasi, mencari peluang usaha dan pembuatan proposal bisnis. 

Sumber : KBRI Cairo