Jumat, 01 November 2013

Meriah! Pagelaran Seni Budaya Nusantara, Peringati Sumpah Pemuda

Dalam rangka mengisi rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun 2013 di Mesir, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Mesir, pada tanggal 30 Oktober 2013 mengadakan Pagelaran Seni Budaya Nusantara, bertempat di Auditorium American Future School, Nasr City, Cairo.

Presiden PPMI, Amrizal Batubara di dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa pemuda, adalah sosok yang tahan banting dalam keadaan apapun, Amrizal juga sepakat bahwa pemuda sejati adalah yang menghargai waktu di dalam hidupnya. “Setiap pemuda harus punya inisiatif di dalam menghadapi langkah-langkah hidupnya, pemuda tidak menyia-nyiakan waktu, pergantian antar kegiatan selalu diisi dengan hal yang berguna, karena hakekatnya, istirahat itu adalah pergantian dari satu aktifitas ke aktifitas lain (arrahatu fi tabaadul el-a`mal”, kata Amrizal berapi-api.

Dahlia Kusuma Dewi, Sekretaris II, Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Cairo, di dalam sambutannya mewakili Bapak Duta Besar RI, antara lain menyampaikan tentang sejarah dibentuknya sebuah Negara Indonesiia.

“Banyak PR kita sebagai generasi muda untuk membangun Indonesia. Indonesia ini lahir bukan dari Negara yang utuh. Kita sebagai pemuda memahami bahwa untuk mengumpulkan dan menyamakan visi itu tidak mudah, tapi itu sudah dikerjakan oleh para pendahulu kita yang menyatukan Indonesia menjadi satu bangsa dengan satu bahasa dan satu tanah air.” Demikian Dahlia menyinggung sejarah terjadinya Sumpah Pemuda.

Dahlia menambahkan bahwa pemuda-pemudi Indonesia saat ini masih memiliki PR untuk menyatukan busana nasional yang bisa mempresentasikan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, melihat begitu banyaknya ragam busana di Indonesia.

Dalam pagelaran yang dihadiri lebih dari 200 penonton itu, antara lain ditampilkan Tari Saman, Tari Melayu, Angklung, Tari Minangkabau, Tari Tortor dan diakhiri dengan penampilan seni beladiri Indonesia,TapakSuci. (MHA)
 
Sumber: AtdikCairo.org