Rabu, 09 Oktober 2013

Putra-Putri Indonesia Kembali Raih Gelar Sarjana Universitas Al-Azhar

Suasana khidmat mewarnai upacara wisuda mahasiswa Indonesia Al-Azhar yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Cairo dan Universitas Al-Azhar, bertempat di gedung Azhar Conference Centre, Cairo, di mana lebih kurang 260 mahasiswa Indonesia serta 92 mahasiswa asing lainnya telah dinobatkan secara resmi sebagai sarjana S1, S2 dan S3 dari Universitas Al Azhar. 



Acara dihadiri oleh Duta Besar RI Cairo dan Deputi Grand Sheikh Al-Azhar, yang didampingi oleh Atase Pendidikan KBRI Cairo, Rektor dan sejumlah Dekan dari Fakultas di Al-Azhar tempat para Mahasiswa Indonesia menuntut ilmu.

Pada kesempatan tersebut Dubes RI menyampaikan sambutan yang intinya berisikan ucapan selamat kepada para Mahasiswa Indonesia yang telah berhasil menyelesaikan studi, baik di tingkat sarjana S1, S2 maupun S3, serta harapan agar ilmu yang telah diperoleh dapat diaplikasikan sebagai sumbangsih dalam membangun tanah air. 



Lebih lanjut disebutkan oleh Dubes RI bahwa dengan prinsip Islam moderat yang diajarkan oleh Al-Azhar, hal ini perlu untuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari, termasuk dalam upaya pembangunan di segala bidang. Nilai-nilai Islam moderat yang diajarkan oleh Al-Azhar hendaknya dapat diterapkan tidak hanya secara dogmatisme untuk pemajuan ilmu agama itu sendiri, namun juga dapat bersifat aplikatif di berbagai bidang pekerjaan, termasuk ekonomi. Salah satu contohnya adalah pengembangan ekonomi syariah, di mana sistem ini dinilai dapat bertahan di tengah krisis ekonomi dunia. 



Dubes RI juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Grand Sheikh Al-Azhar, Deputi Grand Sheikh, Rektor dan para Dekan, yang selama ini telah membimbing para mahasiswa Indonesia hingga berhasil menyelesaikan studi mereka dan kelak diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang ikut serta memajukan pembangunan di tanah air.

Dalam kesempatan sambutannya mewakili Grand Sheikh, Deputi Grand Sheikh menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Grand Sheikh Azhar yang tidak bisa menghadiri acara wisuda ini karena agenda lain di luar Cairo. Al-Azhar sangat bahagia dengan lulusnya putra-putri Indonesia dari Al-Azhar, bahkan ada yang menyelesaikan jenjang doktoral. Dirinya berharap agar para alumni berpegang teguh kepada al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah saw, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Azhar yang moderat. Al-Azhar juga terus menunggu dan terbuka bagi putra-putri Indonesia untuk belajar di Al-Azhar.

Mewakili seluruh Putra-Putri Indonesia yang diwisuda, Ulfiah Nur Faiqoh, sarjana Al-Azhar peraih predikat Istimewa (Mumtaz), menyampaikan ucapan terimakasih kepada dewan guru dan pegawai administrasi di Al-Azhar el-syarief, KBRI Cairo dengan seluruh jajarannya serta para panitia wisuda tahun ini. Selain itu ulfiah juga mengajak para wisudawan agar mengamalkan apa yang telah diterima dari Al-Azhar dan menyampaikan ajaran Islam yang moderat kepada seluruh umat.

Sumber: KBRI Cairo